𝐊𝐞𝐥𝐮𝐡𝐮𝐫𝐚𝐧 𝐁𝐮𝐝𝐢 𝐏𝐞𝐤𝐞𝐫𝐭𝐢 𝐣𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐮𝐧𝐭𝐮𝐫

Tatakrama utama dalam keseharian


 𝐁𝐮𝐝𝐚𝐲𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐊𝐞𝐛𝐮𝐝𝐚𝐲𝐚𝐚𝐧


𝑫𝒂𝒚𝒂𝒏𝒊𝒏𝒈 𝑩𝒖𝒅𝒊 (𝑱𝒂𝒘𝒂)


Pengertian Budaya atau Kebudayaann


Kata “Budaya” berasal dari Bahasa Sansekerta “Buddhayah”, yakni bentukjamak dari “Budhi” (akal). Jadi, budaya adalah segala hal yang bersangkutan denganakal. Selain itu kata budaya juga berarti “budi dan daya” atau daya dari budi. Jadibudaya adalah segala daya dari budi, yakni cipta, rasa dan karsa.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia budaya artinya pikiran, akal budi,hasil, adat istiadat atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah.


Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama olehsebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentukdari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat,bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. 


Bahasa, sebagaimana jugabudaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orangcenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusahaberkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikanperbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.


Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan,kesenian, moral, hukum, adat dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan olehsekumpulan anggota masyarakat.


Merumuskan sebagai semua hasil karya, rasa, dancipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaankebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan olehmanusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapatdiabdikan untuk keperluan masyarakat.


Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa kebudayaan berarti buah budimanusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zamandan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagairintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapaikeselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.


Jadi, kebudayaan mencakup semuanya yang di dapatkan atau dipelajari olehmanusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yangdipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif. 


Artinya, mencakup segala cara-caraatau pola-pola berpikir, merasakan dan bertindak. Seorang yang meneliti kebudayaantertentu akan sangat tertarik objek-objek kebudayaan seperti rumah, sandang,jembatan, alat-alat komunikasi dan sebagainya.

(Drc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!