Banyak salah input hitung di KPU Pekalongan molor

 



Info Pemilu, Pekalongan, 29 Pebruari 2024 - 


Penghitungan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 telah sampai pada tahapan tingkat daerah. 



Pemirsa, Komisi Pemilihan Umum tengah menyelenggarakan penghitungan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 hingga jenjang tahapan di tingkat Daerah. Proses rekapitulasi di KPU Kabupaten Pekalongan berlangsung cukup epik. 



Dari target penyelesaian proses penghitungan selama dua hari, pada realisasinya KPU Kabupaten Pekalongan melaksanakannya dalam kurun waktu 3 hari. Permasalahannya, banyak terdapat kesalahan sejumlah data hasil input dari formulir D Pemilu di tingkat PPK. 



Kesalahan data tersebut tak pelak mengakibatkan pemeriksaan ulang dengan seksama dari seluruh petugas yang mengikuti rapat pleno, guna memastikan semua data yang diunggah, tidak terdapat kesalahan. Tak jarang petugas harus meninjau formulir Plano C hasil rekap dari TPS, sehingga membuat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat daerah bertambah durasi pengerjaannya. 


menurut keterangan petugas dan saksi parpol, kesalahan tersebut disebabkan oleh permasalahan human error atau faktor kurangnya konsentrasi petugas input data di tingkat PPK. Namun, permasalahan tersebut tidak mempengaruhi hasil akhir penghitungan secara signifikan karena hanya bersifat kesalahan non teknis semata yang mana kebanyakan dari kesalahan hanyalah salah meletakkan nilai atau value pada kolom yang tidak sesuai. 


sejauh ini tidak terdapat potensi kecurangan atau semacam penggelembungan angka hasil suara. Terlebih dalam proses penghitungan di tiap jenjang, pengawasan dari seluruh komponen begitu melekat, dan disaksikan oleh masyarakat secara tidak langsung. 


Melalui sejumlah perwakilan atau saksi Parpol dan Capres setiap kesalahan data yang ada, segera mendapat perhatian dan koreksi hingga sesuai dengan aktual serta disepakati bersama. 



Dari konfirmasi Ketua PPK yang kami temui, pihak PPK membenarkan adanya permasalahan non teknis human error tersebut. Namun pihak PPK menyanggah bila hal tersebut dikaitkan dengan unsur kesengajaan, atau keniatan untuk melakukan kecurangan. semata-mata kesalahan tersebut murni dari kelalaian petugas karena faktor kelelahan, atau kurangnya konsentrasi saat memasukkan data ke Sirekap. 


Meski mengakibatkan mundurnya waktu penyelesaian penghitungan di tingkat daerah, namun secara umum hambatan tersebut tidak mengganggu hasil penghitungan suara. berikut kami lampirkan video wawancara dengan Ketua KPU Kabupaten Pekalongan dan pihak saksi Parpol. 

Video Hitung Pemilu 2024 tingkat Daerah

dari Pekalongan Handono warih mengabarkan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!