Simulasi Pemungutan Penghitungan Suara Pemilu 2024

 

Infokota.online Pekalongan 31/01/2024-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Simulasi dilaksakan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan gambaran dalam memahami alur pemungutan suara bagi masyarakat serta memberikan pemantapan bagi PPK, PPS, dan KPPS dalam mengahadapi pada pemiu 2024. 

Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) GPP Futsal, Paninggaran, acara simulasi ini dilaksanakan seperti pemilu yang nyata, simulasi dimiluai pukul 07.00 wib diikuti oleh 272 calon pemilih dari TPS 1 Desa Paninggaran pada pemilu 2024. Pemilih mencoblos 5 surat suara Yakni surat suara Pasangan calon Presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten. 

Kegiatan simulai ini juga turut dihadiri oleh Asisten pemerintahan dan kesra kabupaten Pekalongan, Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), partai politik peserta pemilu tahun 2024, Forkopimcam kecamatan Paninggaran dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kabupaten Pekalongan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Laelatul Izah,  yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan tersebut  memberikan gambaran pemilu 2024 serta bentuk edukasi kepada calon pemilih untuk lebih memahami alur pemungutan suara. Simulasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemantapan PPK, PPS, serta KPPS dalam memahami mekanisme serta alur pemungutan suara, penghitungan suara serta rekapitulasi suara termasuk penggunaan aplikasi Sirekap  (Sistem Informasi Rekapitulasi Suara).

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pekalongan Wiryo Santoso, menyampaikan melalui kegiatan simulasi ini pemerintah kabupaten Pekalongan berharap jajaran KPU (PPK, PPS, dan KPPS) mendapatkan wawasan yang mendalam tentang potensi permasalahan  yang mungkin muncul dan sekaligus merumuskan strategi penanggulangan yang efektif. Kegiatan ini sangat penting karena akan memberikan gambaran yang nyata tentang sejumlah tantangan dan kompleksitas yang mungkin dihadapi dalam pemilu yang sebenarnya.


(Siaran Pers KPUD Pekalongan) 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!