Pelatihan Petani membangun kesadaran ekologis di Kabupaten Pekalongan

 


Infokota.online Pekalongan, Kamis, 25 Januari 2024


Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan menggelar pelatihan bagi petani mengenai aplikasi pupuk organik cair yang mengandung mikrobakteri protagonis. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Dian, Kecamatan Wiradesa, menyoroti pentingnya menjalankan praktik pertanian organik dalam mengatasi permasalahan tanah yang semakin memburuk akibat penggunaan pupuk sintetis dan pestisida yang selama ini menyisakan residu kimia berbahaya, sehingga merusak sifat fisika, kimia dan biologi tanah. 


Salah satu pemateri utama dalam acara ini adalah Handono Warih, seorang konsultan pertanian yang memberikan wawasan mendalam tentang kebutuhan akan perubahan paradigma dalam pertanian. Warih menekankan urgensi untuk kembali ke praktik pertanian organik sebagai solusi bagi kondisi tanah yang semakin terdegradasi di Kabupaten Pekalongan.


Keberadaan petani di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan memperkuat komitmen Pemerintah untuk memperbaiki cara Petani bercocok tanam. Pemerintah bersinergi untuk menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan tanah lahan pertanian dengan penggunaan pupuk organik cair yang kaya akan unsur hayati. Dari kegiatan tersebut, diharapkan Petani dapat merawat tanah dengan lebih baik serta mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh penggunaan pupuk kimia  dan pestisida kimia sintetis. 


Pelatihan ini menjadi langkah awal dalam mengubah pola pikir petani menuju pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan, dengan pengetahuan baru yang didapat, petani dapat meningkatkan produktivitas tanaman mereka seraya menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan tanah untuk generasi mendatang.


Terlebih kesehatan lingkungan kini sedang menjadi isu global yang menjadi perhatian semua pihak. Kebutuhan akan bahan pangan yang sehat dan iklim pertanian yang ramah lingkungan menjadi dasar landasan dan motivasi Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk melaksanakan Program Bantuan Pupuk Organik Cair yang didukung oleh segenap aktivis pertanian dan masyarakat itu sendiri. 


Sementara itu Sutanto Kabid PSP DKPP Kabupaten Pekalongan sebagai penanggungjawab kegiatan menuturkan, Pemerintah berkomitmen penuh untuk membangun iklim pertanian yang lebih baik. Agar masyarakat dapat hidup lebih baik lagi dari lingkungan pertanian yang ramah lingkungan. 


Tanto menambahkan pihak Pemerintah Kabupaten Pekalongan siap bersinergi dengan semua pihak termasuk dengan konsultan pertanian untuk memajukan pertanian di Pekalongan serta meningkatkan kesejahteraan petani sebagai pahlawan pangan Nusantara. 


(Novi)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!