Kementan Rakor Kesiapan Kunjungan Presiden Ke Pekalongan

 


Infokota.online Pekalongan 12/12/2023- Guna mempersiapkan penyambutan kedatangan Presiden RI ke Pekalongan, sejumlah pejabat penting melaksanakan rapat koordinasi terkait kegiatan pembinaan Petani Jawa Tengah oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Alun-alun Kajen. (12/12/2023) 


Acara Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh pihak Kementerian Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. didampingi  Sekda Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar beserta Kepala DKPP Kabupaten Pekalongan Ari Liliani, acara rakor ini diselenggarakan  di Aula Gedung DKPP lantai 2 pada pukul 16.00 WIB. Rakor tersebut dihadiri oleh seluruh komponen terkait guna membahas kunjungan Presiden pada Rabu, 13 Desember 2023.


Presiden Dipastikan akan hadir dan ikut menanam padi di Desa Kaibahan Kesesi. Diperkirakan setidaknya 20.000 dari 25.000 undangan peserta, akan menghadiri kegiatan temu wicara dengan Presiden di alun-alun Kajen.



Dalam agenda, Presiden kemungkinan akan mengikuti seluruh rangkaian acara selama seharian di Kabupaten Pekalongan sehubungan durasi acara yang cukup panjang. 


Lokasi tanam padi telah ditentukan dan dipersiapkan. Sejumlah mesin dan perkakas modern pertanian juga telah disediakan di lokasi kegiatan antara lain; Traktor roda 4 ada 3 unit, Rotavator 2 unit. Transplanter manual 4 unit, 1 unit transplanter mekanik, Combine harvester 2 unit dan berbagai alat lain.


Penanaman padi oleh Presiden dilangsungkan bersamaan dengan seratus petani di luas lahan 1,5 hektar untuk tanam sistem mekanis dan 10 hektar untuk tanam konvensional. Dari total 52 hektar luas lahan yang tersedia telah siap tanam sejumlah 23 hektar.


Mentan Andi Amran Sulaiman, PJ Gubernur Jateng, dan Bupati Pekalongan dipastikan juga ikut serta dalam pesta tanam tersebut. Dalam 1 spot tanam Presiden akan menanam bersama dengan 10 orang petani desa setempat. Dipastikan pula Kapolri dan Panglima TNI akan hadir. 


Seperti biasa, selesai tanam Padi Presiden akan duduk sejenak di saung dekat lokasi tanam dan akan berdialog dengan petani sebelum menuju ke alun-alun Kajen untuk melanjutkan agenda temu wicara dan pengarahan Petani Jawa Tengah dalam kaitan kelangsungan pertanian organik dan swasembada pangan nasional. 



Dalam agenda tersebut juga akan diberikan secara simbolis bantuan benih senilai 29 Milyar se-Jawa Tengah juga bantuan alsintan panen dan pasca panen seperti Kombine harvester sejumlah 66 unit dan berbagai alsintan lain. Adapun total alsintan yang dibagikan sejumlah 171 unit dengan nilai total 37,8 milyar rupiah. Untuk pelaksanaan pembagian bantuan akan diselenggarakan menyusul di masing-masing daerah. 


Beberapa lokasi yang dijadikan tempat yang dikunjungi Presiden akan disterilkan pada pagi hari pukul 06.00 WIB tanggal 13/12/2023. Beberapa tempat yang diagendakan akan dikunjungi Presiden antara lain lahan persawahan Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi, Alun-alun Kajen, dan SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. 


Sejauh ini semua persiapan terbilang cukup matang dan seluruh personel yang bertugas juga sudah siap melaksanakan tanggungjawab masing-masing. 


Sekda Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar menyatakan pihaknya telah siap untuk melaksanakan agenda besar ini dan cukup antusias atas kegiatan yang berskala nasional ini. 


Senada dengan Sekda, Ari Liliani selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan menyatakan kesanggupannya dan mantap bahwa pihaknya mampu mengemban amanah besar sebagai tuan rumah bagi tamu undangan petani se-Jawa Tengah. 


(Drc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!