KPUD Pekalongan : 14 Pebruari 2024 Hari Kasih Suara, Gunakan Hak Pilih Kita

 Klik di sini untuk menonton videonya


Infokota.online Pekalongan 25/11/2023-

Jelang dimulainya masa kampanye terbuka, KPUD Pekalongan gelar Press Conference terkait kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024.


Pemirsa saat ini KPUD Kabupaten Pekalongan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada pemilih pemula melalui lembaga pendidikan di sela-sela waktu kegiatan belajar mengajar di tingkat SMA dan Universitas di lingkungan Kabupaten Pekalongan. Beberapa pelajar tingkat sekolah menengah atas dan pendidikan tinggi juga telah mendatangi kantor KPUD Kabupaten Pekalongan guna melangsungkan diskusi dan sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilu 2024.


Saat ini KPU RI menargetkan minimal 80 persen masyarakat turut serta dalam pesta demokrasi pada tahun 2024 nanti. Dari total sekitar 20% pemilih muda, KPU juga mengharapkan pemilih pemula agar sadar pentingnya pemilu tak lagi apatis terhadap gelaran Pemilu serta ikut menyumbangkan suaranya. 


Dalam agenda sosialisasi tersebut pihak KPUD Kabupaten Pekalongan mengapresiasi sambutan baik para pelajar tersebut saat giat sosialisasi diberikan.


Sedangkan logistik pemilu sendiri sebagian produk telah diterima, sedangkan surat suara akan didistribusikan pada akhir Januari 2024 nanti. 


Di lain sisi daerah rawan bencana banjir yaitu daerah Pesisir Kabupaten Pekalongan telah direncanakan skenario tanggap darurat bencana banjir. Sejumlah mekanisme antisipasi pemungutan suara saat kondisi banjir juga telah dibuat. 


Beberapa tempat yang dimitigasi aman dari banjir akan dipilih sebagai TPS dan tentunya KPUD Kabupaten Pekalongan telah membuat sejumlah rencana cadangan.


Sementara itu KPUD Kabupaten Pekalongan juga menyampaikan aturan penyelenggaraan kampanye dan iklan ajakan memilih di saluran media informasi baik dalam bentuk suara, gambar, tulisan, dan gabungan keseluruhan materi tersebut.


Kampanye publik dari seluruh peserta pemilu dalam hal ini Parpol akan dimulai pada 28 Nopember 2023 hingga 10 Pebruari 2024 untuk pemasangan alat peraga kampanye, pertemuan tertutup, dan rapat tertutup. Sedangkan untuk rapat terbuka di ruang publik dan iklan layanan masyarakat di media masa diperbolehkan mulai 21 Januari hingga 10 Pebruari 2024. 


Penyelenggaraan pemilu sendiri akan diselenggarakan pada 14 Pebruari 2024. Laelatul Izzah Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan menuturkan, "Tanggal 14 Pebruari 2024 nanti adalah hari kasih suara sebagai wujud cinta tanah air, karena kedaulatan negara di tangan rakyat maka kitalah yang menentukan masa depan bangsa". Ujarnya.


Dalam kegiatan Press Conference tersebut perwakilan pihak media masa yaitu Triyono sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Pekalongan memberikan sambutan dan menanggapi pemaparan yang diberikan pihak KPUD Kabupaten Pekalongan dengan menyatakan siap bersinergi dan turut serta membangun iklim pemberitaan yang kredibel dan independen.



(Drc)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!