Jateng diguyur hujan merata, waspada potensi bencana


Infokota.online Pekalongan 25/11/2023-

Badai El nino telah berlalu, meski dampak ekosistem dan ekonominya masih terasa bagi sebagian besar masyarakat terutama kalangan petani. Dampak langsung yang dirasakan kelompok masyarakat yang berprofesi sebagai petani salah satunya adalah kekeringan yang luar biasa parah dan tentunya berimbas pada hasil produksi pertanian mereka. 


Hari ini Sabtu, 25 Nopember 2023, Kabupaten Pekalongan diguyur hujan merata pada siang hari. Intensitas hujan yang cukup tinggi ini merupakan tanda atau sinyal bahwa musim penghujan telah tiba. Ini merupakan angin segar bagi masyarakat kelompok petani. Mereka akan segera memulai proses musim tanam pada lahan tanaman pangan, utamanya padi dan holtikultura di lahan rawa atau tadah hujan. 


Dengan berdasar pada data pengukuran kondisi cuaca di salah satu lokasi di Kabupaten Pekalongan saat kondisi turun hujan tersebut, terpantau informasi klinis cuaca menunjukkan tanda potensi cuaca kedepannya akan semakin sering turun hujan. Suhu udara pada pukul 13:54 WIB di sekitar ketinggian 250 Mdpl berada pada kisaran 24°C dengan kelembaban udara mencapai 99%. Sedangkan tingkat tekanan udara saat itu berada pada 986 hPa. Itu artinya potensi cuaca dimungkinkan akan terus berada pada situasi lembab dan berpotensi sering hujan. 


Pada saat yang bersamaan dilaporkan telah terjadi gejala alam angin kencang yang menimbulkan kerusakan di wilayah tersebut. Dahan pohon peneduh di tepi jalan di jalur Karanganyar menuju Wonopringgo tepatnya di lingkungan Kayugeritan ditemukan tumbang dan sempat menghalangi jalur tersebut. Beruntung petugas terkait segera mengatasi permasalahan itu. 


Berbeda dengan pertanian tanaman pangan, cuaca panas ternyata juga membawa dampak positif bagi petani durian.

Video Selengkapnya Klik Di Sini

(Drc) 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!