Ternyata vanili bisa berbuah di dataran rendah

 


https://youtu.be/pI4VsxBKA74?si=59jyFIhfuqAuAG9K





Infokota.online Pekalongan 23/9/2023-

Bukan hanya mitos namun fakta bahwa vanili bisa dibudidayakan di semua tempat asalkan syarat tumbuh kembangnya terpenuhi. 


Kecamatan Karanganyar ketinggiannya tidak lebih tinggi dari 50 Mdpl dan mitosnya vanili hanya bisa berbuah di pegunungan saja. Nyatanya asal syarat tumbuh kembangnya sudah terpenuhi dengan baik tanaman vanili dapat berbuah juga. 


Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para penggemar dan peneliti tanaman yang terkenal dengan sebutan tanaman mahal. Bahkan sebelumya redaksi kami mendapati pernyataan salah seorang warga di sebuah seminar pertanian di salah satu desa di Kabupaten Batang, petani tersebut menanyakan, "bukankah vanili itu tanaman mahal, tanamannya orang kaya?" Ujar salah seorang peserta pelatihan budidaya vanili yang diselenggarakan pada tanggal 20/9/2023 lalu. 


Kemudian si Pemateri pada kegiatan tersebut menjawab, bahwa mitos tersebut tidak benar. "Sekarang semua petani bisa menanam vanili dan ada ahlinya yang siap mendampingi kita" sahut Rumanah penyelenggara pelatihan tersebut.


Di kesempatan lain pada tanggal 23/9/2023 berlokasi di depan Sanggar Pramuka Kabupaten Pekalongan tepatnya desa Karangsari Kecamatan Karanganyar KabupatΓ¨n Pekalongan, seorang penggiat pertanian vanili yang juga menyalurkan hasil panennya telah membuktikan bahwa pada ketinggian Mdpl rendah pun Vanili bisa beruah. 


Mahfud mengatakan, "Vanili itu butuh nutrisi dan perlakuan khusus, jadi asal perlakuannya benar dan baik saya yakin tanaman ini bisa berbuah di manapun tempatnya."


"Kembali ke masing-masing individu, kalau rajin merawat dan memberi nutrisi dengan tepat sesuai aturan yang semestinya ya bisa saja tanaman tersebut tumbuh optimal dan berbuah." Tandasnya. 


Jadi sebenarnya mitos tanaman vanili hanya bisa ditanam di pegunungan itu salah besar. Yang benar adalah menanam apapun harus dirawat dan dicukupi kebutuhan nutrisinya sesuai kebutuhan tanamannya. Jika anda ingin bertani vanili jangan ragu lagi, asalkan didampingi ahlinya niscaya bisa panen dan menjual produk hasilnya dengan harga yang bagus.


(Drc)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!