Galery kumpulan foto Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Petani Pemprov Jateng 2023

 


Infokota.online Kota Pekalongan 7-9 September 2023, 

Dinas pertanian dan perkebunan provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan penguatan karakter dan kapasitas para pelaku bisnis pertanian yang diwakili oleh beberapa petani andalan dari beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di tiga lokasi yaitu Semarang, Magelang dan Kota Pekalongan. 

Adapun kegiatan yang menitikberatkan pada pengembangan keterampilan pelaku pertanian dalam menghadapi tuntutan perkembangan jaman dan isu global yang ada saat ini, lebih menekankan pendidikan kapabilitas hilirisasi pertanian dan melibatkan petani sebagai agen pelakunya. 

Topik yang dibahas selain pengembangan kemampuan petani, seminar ini juga memberikan akses kepada para aktivis pertanian untuk menghubung kepada pihak Distanbun Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan solusi dari setiap permasalahan teknis dan off farm. 

Legalitas, bantuan pengadaan, dan rencana strategis jangka panjang pertanian Jawa Tengah juga dikupas tuntas pada kegiatan tersebut. Beberapa pejabat tinggi dari Distanbun Provinsi Jawa Tengah nampak menghadiri kegiatan tersebut untuk memberi materi dan sharing solusi. Isu ketahanan pangan global dan legalitas serta link agribisnis juga dibicarakan oleh sejumlah narasumber. 

Perwakilan Distanbun Provinsi Jawa Tengah Bayu Sasongko, S.Pt, M.Si mengatakan " Datanglah ke kantor kami di gedung Distanbun Provinsi Jawa Tengah untuk mengulas permasalahan yang ada dan kita cari solusinya."

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Dafam Kota Pekalongan selama 3 hari ini berlangsung cukup meriah. Yang menarik dari kegiatan ini, peserta yang hadir didominasi oleh petani muda atau generasi milenial. Hal tersebut merupakan angin segar bagi dunia pertanian yang mana selama ini kekhawatiran akan kurangnya minat generasi muda terhadap dunia pertanian cukup menjadi momok yang menakutkan bagi kelangsungan pekerjaan ini.

Selain pejabat exclusive dari Pemprov Jateng juga turut hadir sebagai pembicara dari DPRD Provinsi Jawa Tengah.

(Drc)




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!