Musdes PAW Kades Sumurjomblangbogo Kabupaten Pekalongan percontohan

 


Infokota.online Pekalongan 30/8/2023- Kegiatan musyawarah desa pergantian antar waktu Kepala Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, adalah percontohan pertama bagi seluruh wilayah di Kabupaten Pekalongan yang diselenggarakan sesuai dengan prosedur tetap sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu diselenggarakan secara terbuka.

Kegiatan ini diselenggarakan secara terbuka di halaman balai desa Sumurjomblangbogo terkait kekosongan jabatan Kepala Desa, dikarenakan yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai Caleg pada pemilu DPRD Kabupaten Pekalongan pada 2024 nanti. Sedangkan sisa waktu masa jabatan  yaitu lebih dari 1 tahun lamanya, antara 20 juli 2023 hingga 27 Desember 2024 nanti. Adapun jumlah peserta pemilih sejumlah 80 orang yang mewakili suara seluruh warga desa Sumurjomblangbogo dari 81 orang yang diundang, dilaporkan 1 orang yang tidak ikut menghadiri musyawarah desa tersebut dikarenakan sedang sakit.


Terbilang kegiatan ini adalah percontohan pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu yang sesuai dengan protap. Kegiatan Musdes pergantian kepala desa antar waktu ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, Camat Bojong Bp. Farid Khakim, serta Kapolsek AKP Suhadi, SH dan Danramil Bojong 

Kapten  ARH Wiyoto.


Anggaran dana kegiatan tersebut diperoleh dari pendapatan asli desa yang menghabiskan dana sebesar Rp70.000.000, ( Tujuh puluh juta rupiah ). Dengan disaksikan BPD setempat kegiatan ini berlangsung lancar dan tiada suatu hambatan apapun. Dimulai sejak pukul 08.00 hingga selesai sekitar pukul 14.00 WIB. 


Melalui Kapolsek Bojong, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi mengungkapkan pihaknya merasa senang menyaksikan proses musyawarah berjalan lancar dan penuh penerimaan yang legowo atas hasil musyawarah oleh semua pihak, terutamanya bagi warga desa Sumurjomblangbogo. "Kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan tertib, semoga acara hari ini bisa menjadi contoh bagi lima desa berikutnya yang juga akan melaksanan kegiatan semacam ini." Ujar AKP Suhadi.

 

"Ini adalah kali pertama di Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan PAW secara terbuka dan berikutnya masih ada empat desa lain yang juga akan menyelenggarakan PAW" Pungkasnya.


Selaras dengan pernyataan pihak aparat penegak hukum yang hadir, Farid Khakim Camat Bojong Kabupaten Pekalongan juga mengutarakan kebahagiaannya atas kesuksesan acara PAW Kades ini, "Kami bersyukur acara ini berlangsung tertib dan penuh tanggungjawab dari seluruh pihak terkait. Setelah ini akan menyusul desa Kalipancur namun berbeda alasan diselenggarakan PAW, untuk desa Kalipancur sendiri dikarenakan Kepala Desa meninggal sehingga terjadi kekosongan jabatan." Tandasnya.


Tiga orang yang dicalonkan menjadi bakal pengganti Kepala Desa Sumurjomblangbogo adalah 1. Ajunis Setya Nugraha, 2. Sunaryo, dan 3. Sugiyanto. Dengan hasil perolehan suara sebagai berikut; calon dengan nomor urut 1 memperoleh hasil suara sebanyak 37 suara, nomor urut 2 sebanyak 41 suara, dan nomor urut 3 hanya memperoleh 2 suara saja. Selanjutnya calon Kepala Desa terpilih sebagai pengganti antar waktu akan dilantik  oleh Bupati Pekalongan tentunya setelah pengurusan berkas berita acara diproses lebih lanjut.


(Drc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!