Balai Penyuluh Pertanian kawal kesiapan hewan Qurban

 


Infokota.online Pekalongan 15/6/2023-

Idul 'Adha sebentar lagi tiba, para peternak mulai mempersiapkan hewan peliharaan terbaik mereka untuk ditawarkan kepada calon pembeli yang akan melaksanakan ibadah Qurban. Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Pertanian dan ketahanan pangan di seluruh wilayah mengagendakan kegiatan pemantauan dan pengawalan kesiapan hewan Qurban. 


Melalui Balai Penyuluh Pertanian di setiap Kecamatan Pemerintah Daerah melakukan pengawasan intensif dengan memeriksa kesehatan ternak untuk memastikan hewan yang dipasarkan tidak terancam dari berbagai penyakit yang mungkin bisa saja menyerang tanpa disadari para Peternak. 


Kami telah mengikuti sejumlah kegiatan pengawasan ternak di Kabupaten Pekalongan salah satunya di Desa Jagung, Kecamatan Kesesi. Adapun tugas yang dilaksanakan selain memantau kesehatan ternak juga melakukan pemeriksaan kehamilan ternak, vaksinasi, pemberian vitamin, dan penandaan penomeran individu ternak juga pemberian obat cacing pada ternak muda yang tidak ikut dipasarkan untuk kegiatan Qurban.


Drh. Gatot Prasojo sebagai salah satu dokter hewan yang ditunjuk oleh DKPP Kab. Pekalongan pada Rabu 14/6/2023 memberikan penjelasan, " Kami melarang para peternak menjual hewan ternaknya jika kedapatan hamil sesuai dengan pemeriksaan dari tim kami, selain itu kami juga memberikan pengarahan kepada Peternak agar senantiasa menjaga kebersihan kadang Seoptimal mungkin serta memperhatikan kesehatan hewan ternaknya. Dan jika terdapat ternak yang sakit kami sarankan untuk segera menghubungi Dinas terkait agar kami dapat segera melakukan tindakan." Tandasnya.


Pemerintah juga sedang melaksanakan program kawin suntik gratis bagi ternak yang sudah memasuki masa fertil. Program ini diselenggarakan serentak secara nasional. Semua program tersebut diatas benar - benar gratis sehingga tidak dipungut biaya sepeserpun. Para Peternak diharapkan untuk senantiasa terhubung dengan petugas terkait agar tidak terjadi keterlambatan penanganan baik itu kesehatan maupun keperluan kawin suntik untuk Sapi yang sudah birahi.


Sementara itu Hadi peternak Sapi dari Desa Jagung mengutarakan, " Kami menyambut baik  program ini dan sangat senang karena merasa diperhatikan oleh Pemerintah." Ujarnya disela - sela kunjungan Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan di kandangnya.


(Drc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!