𝐒𝐢𝐚𝐩𝐚 𝐬𝐚𝐣𝐚 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐏𝐞𝐦𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧

 

𝐑𝐢𝐛𝐮𝐭 𝐀𝐜𝐡𝐰𝐚𝐧𝐝𝐢 Pakar kesusastraan dan budaya dari Pekalongan


Kekuasaan merujuk pada kapasitas yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi perilaku orang lain sehingga orang lain tersebut dapat bertindak sesuai dengan keinginan orang yang mempengaruhi. Kekuasaan merupakan fungsi dari ketergantungan, makin besar ketergantungan seseorang terhadap orang lain maka semakin besar pula kekuasaan dalam hubungan tersebut.


Seseorang dapat mempunyai kekuasaan terhadap diri anda hanya jika dia mengendalikan sesuatu yang anda sangat inginkan. Kekuasaan yang saat ini relevan dilaksanakan adalah model kekuasaan Hadiah atau reward power. Orang-orang bersedia mematuhi perintah atau arahan dari orang lain karena kepatuhan tersebut akan menghasilkan manfaat yang positif . 


Oleh karena itu seseorang yang dapat membagi-bagikan imbalan baik barang maupun manfaat psikologis lainnya yang dianggap Begitu Berharga oleh orang lain, maka orang tersebut akan mempunyai kekuasaan atas mereka. 


Dalam hal ini bisa kita perjelas bentuk imbalan-imbalan tersebut dapat berupa bentuk fisik seperti ; keuangan, hadiah produk dan benda-benda berharga lainnya atau yang bersifat non materialistis seperti ; kebahagiaan, kesenangan, harga diri dan posisi psikologis lainnya.


Ada pula jenis kekuasaan yang juga dapat dikembangkan pada saat ini, yaitu kekuasaan informasi. Kekuasaan informasi berasal dari akses mendapatkan dan menyebarkan informasi dari orang yang memiliki data atau pengetahuan yang dibutuhkan orang lain, sehingga dapat membuat orang lain bergantung pada mereka.


Ada hal yang tak kalah hebat bagi para pelaku yang bekerja secara Individual atau tidak tergabung dalam sebuah organisasi. Apa yang mereka miliki adalah kekuasaan personal yaitu kekuasaan yang berasal dari karakteristik unik individu.


 Dalam hal ini kami melihat tiga basis kekuasaan personal antara lain kepakaran, penghormatan dan kekaguman dari orang lain serta Kharisma. Hal-hal tersebut biasanya diperoleh melalui track record atau kisah perjalanan hidup dan jasa-jasa seseorang. 


Hal tersebut bisa kita golongkan dengan istilah kekuasaan pakar atau expert power adalah pengaruh yang dimiliki sebagai akibat dari kepakaran atau keahlian seseorang. keahlian-keahlian tersebut bisa merupakan keterampilan istimewa atau pengetahuan yang melebihi dari rata-rata orang di sekelilingnya


Kepakaran telah menjadi salah satu sumber pengaruh yang paling ampuh, karena dunia pada saat ini menjadi semakin berorientasi kepada teknologi. Dikarenakan pekerjaan kini menjadi semakin terspesialisasi, maka kita juga semakin bergantung kepada para pakar untuk mencapai sasaran.


Tidak dipungkiri tingkat keahlian seseorang serta kemahirannya bisa menjadikan masyarakat dipermudah untuk mencapai target atau tujuan yang ia inginkan.


Oleh karena itu jika anda ingin mampu mengubah keadaan dan situasi pada masyarakat saat ini maka diwajibkan anda harus menjadi pakar terlebih dahulu. karena kehadiran para pakar saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 


Jika tingkat kemahiran seseorang sudah terbukti maka setiap orang yang pernah mendengar reputasinya secara otomatis akan mengikuti saran dan petunjuk dari seorang ahli tersebut.


(Drc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Tua Wali murid diusir saat wisuda SMAN 1 Wiradesa, Panitia dianggap terlalu arogan!

Kades Wuled Bantah Tuntutan Demo, Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Ruben Klarifikasi, Saim Pun Angkat Bicara!